Benarkah Kode “@[4:0]” Bisa Deteksi Hacker?

Belakangan ini beredar anjuran di media sosial Facebook untuk mengetikkan “@[4:0]” tanpa spasi pada kolom komentar untuk mendeteksi hacker. Jika yang keluar nama ‘Mark Zuckerberg’ artinya akun aman dari  hacker. Namun jika yang muncul nama lain, maka akun yang bersangkutan harus di-setting ulang keamanannya.

Benarkah dengan hanya mengetikkan “@[4:0]” kita bisa mendeteksi hacker?

Sebenarnya ajakan serupa sudah lama beredar di Facebook sejak 2015 lalu, hanya saja pesan tersebut tentunya dalam bahasa Inggris. Kode “[4:0]”  sendiri kabarnya adalah nomor identifikasi dari pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, dalam database Facebook. Angka “4” menandakan Mark Zuckerberg sebagai “anggota keempat” dari Facebook.

Sementara karakter “@“ adalah tanda untuk menandai pengguna Facebook lain, jadi dengan mengetik “@[4:0]” sebenarnya sama saja dengan menandai (tagging) Mark Zuckerberg dan tak ada kaitannya dengan mendeteksi hacker.

Mengapa kadang nama Zuckerberg tidak muncul saat di tag oleh sebagian pengguna?

Banyak yang mengasumsikan bahwa Facebook sepertinya sedang dalam proses mengubah kode ini dari sistem. Bagi pengguna dengan akun yang  sudah diperbarui, mereka tidak akan melihat nama Mark Zuckerberg usai mengetik kode @[4:0]. Kode ini juga dikabarkan tidak bisa bekerja jika pengguna menulis komentar dengan aplikasi mobile. Jadi, kode @[4:0] ini tak ada kaitannya sama sekali dengan hacker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>