Cara Aman Internetan

Bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia tanggal 7 Februari, Google memberikan beberapa tips cara aman di internetan. Tips tersebut disampaikan langsung oleh Parisa Tabriz, Director of Engineering Google, yang mengawali karirnya sebagai hired hacker software engineer untuk tim keamanan Google. Selain itu, Tabriz juga mengajar di Harvard Kennedy School, menjabat sebagai konsultan untuk Gedung Putih Amerika Serikat, dan menjadi konsultan untuk beberapa penulis hiburan memahami dunia cyber security.

Berikut beberapa tips cara aman internetan menurut Tabriz seperti dilansir KompasTekno

1. Selalu waspada bila ada yang menawarkan bantuan atau sesuatu secara gratis di internet. Biasanya mereka akan meminta pengguna melakukan sesuatu yang membuat keamanan saat berselancar di internet berkurang.

2. Gunakan kata kunci atau passsword yang berbeda untuk setiap akun. Tabriz menyarankan pengguna untuk memanfaatkan aplikasi password manager di Google Chrome untuk membantu mengingat kata kunci.

3. Berhati-hati jika menggunakan komputer bersama seperti di warnet atau di kantor. Aktifkan recovery e-mail di pengaturan akun sehingga bila lupa atau terjadi sesuatu, Anda akan mendapat akses melalui e-mail alternatif.

4. Ketahui perangkat lunak dan aplikasi yang dipasang baik di komputer maupun ponsel.

5. Perbarui program dan aplikasi yang digunakan untuk menambah performa dan keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>