Apa itu Vaksin MR?

Bulan Agustus hingga September 2017 ini pemerintah melakukan vaksinasi MR (Measles and Rubella) atau Campak dan Rubella untuk anak-anak sekolah secara massal. Apa itu Campak dan Rubella?

Penyakit campak dan rubella atau CRS (Congenital Rubella Syndrome) adalah suatu infeksi menular melalui saluran nafas yg disebabkan oleh virus. Meskipun tidak terlalu berbeda, kedua penyakit ini mudah menular dengan hanya bersin atau batuk melalui udara sehingga membuat penyakit ini tergolong penyakit yang mudah menular.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/02/cara-efektif-atasi-nyeri-sendi/

 

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru peunomia, radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, akan tetapi bila menulari ibu hamil pada trimester pertama atau awal kehamilan, dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

Akan tetapi, banyak orangtua yang tidak mau anaknya di vaksin MMR karena menganggap vaksin itu bisa menyebabkan autisme. Padahal, seperti dikutip dari WebMD (13/7/2017), CDC menegaskan bahwa tidak ada bukti yang bisa menunjukkan bahwa vaksin MMR dapat menyebabkan autisme.

http://limaplus101.com/index.php/2017/08/05/masih-muda-kenapa-bisa-pikun/

 

Selain itu, banyak orang beranggapan bahwa vaksin MR mengandung bahan-bahan yang tidak halal atau haram. Menanggapi soal ini, Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan Fatwa MUI Nomor 4 Tahun 2016 tentang Imunisasi pada 23 Januari 2016 lalu. MUI juga mengeluarkan surat rekomendasi pada 31 Juli 2017 yang mendukung program Kemenkes RI tentang kampanye dan pengenalan Imunisasi Measles dan Rubella (MR) tahun 2017 dan 2018.

http://limaplus101.com/index.php/2017/07/20/benarkah-kolesterol-tinggi-disebabkan-faktor-keturunan/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>