Cara bikin BPJS

Masyarakat disarankan mendaftar program Jaminan Kesehatan Nasional karena sifatnya wajib. Paling lambat 1 Januari 2019 seluruh penduduk Indonesia harus sudah terdaftar jadi peserta JKN-KIS. Pendaftaran bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan mana pun yang terdekat atau sesuai alamat di KTP dengan membawa persyaratan sbb:

a. Fotokopi kartu keluarga (KK)
b. Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang ada di dalam kartu keluarga untuk pendaftaran di kelas 1 dan 2, untuk pendaftaran kelas 3 tak perlu.

Selain itu, masyarakat bisa mendaftar lewat aplikasi JKN Mobile di ponsel. Melalui aplikasi, peserta yang sudah terdaftar dapat mengubah faskes tingkat pertama dari klinik A ke klinik B atau dapat pindah dari faskes A ke B, dan lain sebagainya.

 

Berikut cara mendaftar keanggotaan BPJS Kesehatan secara mandiri dan mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS):

1. Calon peserta mendaftar secara perorangan di kantor BPJS Kesehatan
2. Mendaftarkan diri dan anggota keluarga yang ada di kartu keluarga
3. Mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dengan melampirkan:
– Fotokopi kartu keluarga (KK)
– Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang ada di dalam kartu keluarga untuk pendaftaran di kelas 1 dan 2


4. Setelah mendaftar, calon peserta akan memperoleh SMS berisi nomor virtual account (VA) dan tanggal pembayaran pertama. Satu nomor VA untuk pembayaran satu keluarga.
5. Melakukan pembayaran iuran ke ATM bank yang bekerja sama (BRI/Mandiri/BNI/BTN) dan melalui pihak yang bekerja sama (minimarket, Kantor Pos, dan sebagainya).
6. Setelah pembayaran dilakukan, peserta akan mendapatkan kartu KIS BPJS Kesehatan yang dikirimkan oleh BPJS Kesehatan paling lambat 6 hari kerja. Pendaftaran selain di kantor BPJS Kesehatan dapat dilakukan di kanal-kanal berikut, antara lain website BPJS Kesehatan, care center BPJS Kesehatan 1500-400, mobile JKN, mal yang bekerja sama, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>